Kamis, Juni 18, 2009

TUGAS RESENSI, Punya ROSNI

RESENSI BUKU NOVEL

Tugas Individu :

A. Identitas Buku

- Judul novel terjemahan :

Gosebumps

Boneka Hidup Beraksi II

- Pengarang :

R. L. Stine

- Penerbit :

PT. Gramedia Pusaka Utama

- Penerjemah :

Ika Pujawatti

- Halaman :

147

B. Ringkasan

Ringkasan Novel Terjemahan

Boneka Hidup Beraksi II

Ayah Trina O’Dell dulu adalah seorang ventriloquist dengan profesi itu dia mencari nafkah dan kini Dad mempunyai toko kamera. Dia tampil sebagi ventriloquist di berbagai pertunjukan dan Danny O’Dell & Wilbur itu nama acaranya dan Wilbur adalah nama bonekanya. Itu sebabnya ia menyimpan banyak boneka buatannya di kamar loteng rumahnya. Ia menyebut loteng itu Museum Boneka. Berbagai boneka ada disana mulai dari yang berwajah berbintik-bintik, yang senyumnya menyeringai, yang matanya melotot galak. Bagi Trina dan adiknya yang bernama Dan koleksi boneka itu asyik juga.

Tapi belakangan ini Dad sudah jarang menggunakan keahliannya itu sebagai ventriloqusit. Sebenarnya Dad cukup berbakat dalam bidang vantriloquist dan salah satu boneka miliknya adalah Rocky boneka ini bertampang jahat, wajahnya menyeringai, bukan tersenyum. Ia berpakaian seperti jagoan, dengan T-shirt bergaris merah-putih dan celana jeans hitam. Pada saat itu Dad mengeluarkan boneka dari plastik yang terletak di tempat sampah. Dan boneka itu berambut kriting berwarna coklat, tampangnya agak aneh, agak tegang, matanya berwarna biru cerah, dan mulutnya berwarna merah.

Lalu Dad memberi nama untuknya Smiley.Didalam kantong jas boneka itu terdapat sebuah kertas lalu Trina dan adiknya membuka dan membaca isinya yang berisi “karru marri odonna loma molonu karrano.”

Zane adalah bukan sepupu favorit Trina dan Dan. Sayangnya ia satu-satunya sepupu mereka. Kelakuannya yang norak dan hidungnya hampir selalu mengeluarkan ingus membuat mereka jiji. Saat itu Zane memasuki kamar Trina dengan pelan-pelan karena pada waktu itu Zane tidak bisa tidur. Dan Zane sempat membangunkan Trina yang sedang tertidur pulas. Lalu dengan tiba-tiba Zane ingin makan sereal dan akhirnya Zane dan Trina pergi ke dapur dan mengambil sereal. Tetapi mereka dikagetkan dengan boneka Rocky yang duduk ditengah ruang tamu dengan senyum yang menyeringai dan duduk tegak di kursi dengan pandangan yang kosong.

Lalu mereka menduga bahwa yang menaruh boneka Rocky di ruang tamu adalah Dan dan akhirnya mereka mencoba memastikannya lalu mereka menuju kamar Dan. Dan Dan masih terlihat tidur nyenyak dan susah dibangunkan

Dari situ mulai timbul permasalahan dan Dad menyangka yang melakukan semua ini adalah Trina dan adiknya Dan. Lalu Dad melarang Trina dan Dan main keluar rumah dan melarang untuk ikut perkemahan di musim panas. Lalu Trina menuju loteng dan sampai diatas Trina mulai melampiaskan kemarahannya pada semua boneka. Tapi tak disangka ada Dan disana. Lalu Dan mengajak Trina untuk sama-sama menyelidiki Zane dan mencurigai Zane sebagai pelakunya. Setelah disetujui, akhirnya mereka mulai sembunyi dibalik sofa boneka-boneka itu disimpan. Beberapa lama kemudian, ada seseorang yang masuk ke loteng dan Trina dan Dan sama-sama memperegoki orang itu. Berhasil dia adalah Zane rupanya Zane ingin balas dendam sehingga dia melakukan semua ini.

Akhirnya setelah Zane tertangkap basah ingin mencuri Rocky, dia, Trina dan Dan berdamai. Lalu setelah itu, mom mengundang acara makan malam untuk menghormati Zane dan Uncle Cal.

Setelah beberapa hari, terjadi keributan dan semakin menegangkan. Boneka yang bernama Smiley itu hidup dan dia membantah kalau namanya bukan Smiley tapi Slappy. Dan smiley menganggap Trina dan Dan adalah budaknya dan harus melayaninya. Tapi Dad tidak percaya tentang semua ini karena setiap Dad muncul Slappy selalu berlagak seperti layaknya boneka mati. Dan Dad menghukum mereka berdua. Setelah mereka sudah mencoba berkali-kali untuk menyingkirkan Slappy, tapi tetap tidak mempan. Dan suatu hari Zane berpamitan untuk pulang dia ditanya oleh Dad untuk hadiah terakhir dan Zane meminta sebuah boneka lalu Dad menyuruh Trina memberinya boneka yang bagus. Lalu Slappy yang diberinya dan setelah itu, Slappy mengedipkan mata pada Trina. Dan Trina tahu akan ada petualangan yang akan dialami Zane bersama Slappy.

C. Tokoh-tokoh yang Terdapat pada Novel

- Trina

- Dan

- Slappy

- Dad (O’Dell)

- Mom

- Zane

- Uncle Cal

- Rocky

D. Penilaian Tentang Novel Terjemahan

· Kelemahan

Bahasa yang digunakan cukup menarik, walaupun ada bahasa campuran dalam novel terjemahan. Tetapi, masih ada kata-kata yang belum dapat dipahami dan sulit untuk dihafal.

· Kelebihan

- Menarik untuk dibaca, dan jelas dapat dipahami.

- Cerita yang dibahas dalam novel ini tidak terlalu rumit.

Nama : Rosni Mentari

Kelas : XI-Bahasa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana komentar Anda?